Jakarta – Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk dan terjadi di daerah tropis dan subtropis. Penyakit DBD menyebabkan demam tinggi dan gejala flu.

Untuk mengedukasi karyawan tentang penyakit DBD, Metranet lakukan sosialisasi Health Talk bekerja sama dengan Hanwha yang mengambil topik demam berdarah. Kegiatan ini bertujuan agar karyawan Metranet dapat lebih aware menangani gajala penyakit DBD, Rabu (28/09).

Diskusi yang diselenggarakan daring mengundang dr. Muhamad Alfi Auliya Rachmad, MD yang merupakan Kepala Casemix RS Family Medical Center Bogor. Turut hadir dalam acara ini adalah Direktur Utama Metranet Didik Budi Santoso.

Dalam materinya, dr. Alfi menyampaikan saat memasuki musim hujan populasi nyamuk bertambah karena adanya genangan air di lingkungan sekitar. Genangan air tersebut membuat berkembangnya jentik/larva menjadi nyamuk dewasa.

Gejala yang umum dirasakan seperti nyeri di kepala, ulu hati, belakang bola mata, sendi, dan otot. Biasanya juga disertai dengan nafsu makan yang turun dan susah buang air besar.

“Cara mencegah demam berdarah ada 3M yaitu menguras bak mandi, menutup tempat menampungan air, dan mengubur barang bekas,” ujar dr. Alfi. Selain itu, imbuhnya, lingkungan juga harus dilakukan fogging dan jangan menggantung baju terlalu lama.

Kegiatan Health Talk menjadi agenda yang rutin dilaksanakan di Metranet sebagai bentuk edukasi penyakit atau isu kesehatan agar karyawan dapat melakukan tindakan-tindakan preventif.