Jakarta – Metranet perkuat fungsi risk management sebagai implementasi Good Corporate Governance (GCG) melalui workshop yang digelar di Hotel Teraskita Jakarta, Rabu (21/09). Workshop tersebut dihadiri oleh Tatwanto Prastistho selaku AVP Strategic Risk Management Telkom Indonesia, Rikki Pudyo Ananto selaku VP HCCA, Legal & Risk Management serta risk champion dan risk agent di lingkup Metranet.

Risiko diartikan sebagai keadaan di masa mendatang yang tidak diharapkan terjadi pada perusahaan. Sehingga perusahaan perlu menganalisis dan memetakan risiko apa yang akan terjadi agar dapat dilakukan mitigasi dan meminimalisir dampak risiko/kerugian.

Metranet berkomitman menciptakan Good Corporate Governance (GCG) salah satunya adalah melalui pengoptimalan peran risk management.

Rikki Pudyo Ananto dalam sambutannya mengatakan bahwa risk management menjadi fungsi yang sangat penting untuk memperkuat good corporate governance.

“Risiko berpotensi menghambat dan menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan. Untuk itu kita harus kelola, manage, dan monitor dengan baik,” ujar Rikki. Ia menambahkan workshop ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi di seluruh unit di Metranet untuk meningkatkan pemahaman berkaitan dengan risk management.

Dalam sesi workshop Tatwanto Prastistho mendukung program risk management di tingkat anak perusahaan TelkomGroup sebagai mandat dari BUMN. “Pentingnya menumbuhkan awareness/kesadaran manajemen risiko dalam setiap proses bisnis perusahaan. Dan jangan menganggap manajemen risiko sebagai pekerjaan tambahan namun jadikanlah budaya perusahan,” imbuh Tatwanto.