Samarinda – Digital marketing mempunyai peran penting dalam peningkatkan brand awareness. Bahkan saat ini sudah menjadi keharusan bagi perusahaan atau instansi untuk melakukan strategi komunikasi melalui media sosial.

Untuk meningkatkan kompetensi dan pemahaman mahasiswa terkait digital marketing, Metranet bekerja sama dengan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ), Universitas Terbuka Samarinda, menggelar workshop digital marketing yang digelar di Hotel Aston Samarinda, Sabtu (27/08).

Dalam workshop ini mengundang Team Leader Digital Marketing Metranet Slamet Heru dan Technical Director Executive Metranet Rizki Pramana Putra sebagai pembicara.

Acara dibuka oleh Direktur UPBJJ UT Samarinda Drs. Rusna Ristasa, M.Pd. Ia menyampaikan pentingnya membekali mahasiswa dengan kompetensi digital marketing, termasuk bagaimana pembuatan konten-konten yang menarik bagi audience.

Heru dalam sesi presentasinya menyampaikan saat ini digital marketing berkembang sangat pesat akibat semakin banyaknya media sosial yang digunakan oleh masyarakat.

“Untuk perguruan tinggi sangat penting melakukan pemilihan media sosial yang tepat untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan dari masing-masing unit atau kampus,” ucap Heru. Ia menambahkan, mahasiswa juga perlu mengembangkan kompetensi berpikir kreatif untuk menentukan strategi komunikasi di media sosial.

Sementara Rizki sharing mengenai perkembangan media sosial yang saat ini mengarah pada konten-konten yang bersifat audiovisual. “Konten sekarang bentunya lebih ke audiovisual. Video-video pendek yang ada musik dan story seperti yang ada di Tiktok dan Reels Instagram,” ujar Rizki.