Jakarta – Metranet melalui iKonser bekerja sama dengan Telkom Regional II dan III serta Rajawali Indonesia menggelar sebuah program ajang pencarian bakat yang bertajuk “JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival 2022”, di wilayah Jakarta (Telkom Regional II) dan “JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival 2022” yang akan digelar di wilayah Jawa Barat (Telkom Regional III). Kompetisi musik ini bertujuan untuk mencari musisi-musisi terbaik yang berdomisili di setiap wilayah tersebut untuk tampil di Prambanan Jazz Festival 2022 bersama musisi nasional yang rencananya akan digelar pada 1 – 3 Juli 2022.

Hal tersebut sesuai dengan yang disampaikan dalam press conference Jakarta untuk Prambanan Jazz Festival 2022 dan Jawara Menuju Prambanan Jazz Festival 2022 dengan menghadirkan Direktur Bisnis Metranet Faisal Yusuf, EVP Telkom Regional III Syaifudin, EVP Telkom Regional II Mohammad Salsabil, dan Founder Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi.

“Kita membuka kesempatan seluas-luasnya kepada musisi-musisi daerah untuk berkompetisi dan tampil di Prambanan Jazz Festival 2022. Tentunya ini bagaimana kita mendukung dan memajukan industri kreatif, khususnya industri musik di Indonesia,” kata Faisal dalam sambutannya.

Ia menambahkan, antusiasme yang tahun lalu dilakukan di Borneo sangat tinggi. “Kami melihat ini adalah proses yang harus kita jalani karena melihat situasi pandemi Covid-19. Keberhasilan di Borneo dan Telkom Regional IV, kami punya lesson learned dengan melibatkan Jakarta dan Jawa Barat. Harapannya antusiasmenya lebih tinggi lagi dan kami ingin menempatkan musisi-musisi daerah satu panggung di Prambanan Jazz Festival 2022,” imbuh Faisal.

Seluruh musisi atau band pendaftar akan dikurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival sampai 100 band di tiap regional, yang nantinya akan dilanjutkan ke dalam tahap seleksi. Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 6 April 2022 dan akan berlangsung hingga tanggal 18 Juni 2022 di Jakarta. Sedangkan untuk regional Jawa Barat, tahap seleksi akan dibuka di tanggal 6 April 2022 hingga tanggal 6 Juni 2022.

Founder Rajawali Indonesia Anas Syahrul Alimi menyampaikan, tiket Prambanan Jazz Festival 2022 sudah terjual 10.000 tiket dalam waktu beberapa hari saja. Ia menambahkan, menurutnya, ajang kompetisi ini berbeda dengan kegiatan lainnya karena pemenang kompetisi dapat diberikan panggung untuk tampil yaitu di Prambanan Jazz Festival 2022.

Proses Kompetisi JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival & JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival

Para peserta bisa mendaftar di website www.ikonser.id dengan menyertakan dua video (video klip atau video live session), serta persyaratan lain yang terdapat dalam formulir registrasi. Untuk seleksi awal, masing-masing peserta cukup mengirimkan satu karya. Selanjutnya, promotor akan memilih 20 band atau peserta berdasarkan viewers tertinggi dan engagement YouTube (i-Konser Channel) yang akan ditayangkan di i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk proses seleksi selanjutnya.

Setelah tahapan seleksi di atas, panitia akan memilih 10 band atau peserta dengan viewers terbanyak di i-Konser Channel (IndiHome TV) untuk masuk ke babak final. Dua pemenang dari setiap regional (Telkom Regional II dan III) akan tampil secara langsung di Prambanan Jazz Festival 2022 dengan membawakan empat karya orisinal.

Dengan adanya gelaran “JAKARTA untuk Prambanan Jazz Festival 2022” dan “JAWARA menuju Prambanan Jazz Festival 2022”, diharapkan akan muncul nama-nama baru dari setiap regional JAKARTA dan JAWARA yang sukses berkiprah di belantika musik Indonesia. Tidak hanya terbatas di regional tersebut saja, nantinya seluruh daerah di Indonesia juga akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk tampil di Prambanan Jazz Festival, maupun tayangan-tayangan di i-Konser Channel.