Jakarta – Portal berita online teknologi milik Metranet, Uzone.id, meraih peringkat ke-2 sebagai daftar Top Startup di Indonesia versi Startup Ranking, Senin (07/03). Pemeringkatan ini dilansir dari startupranking.com per Maret 2022.

Uzone.id pertama kali berdiri sejak tahun 2015 sebagai portal berita online mengulas informasi seputar gadget, teknologi, dan otomatif. Dalam perkembangannya, saat ini Uzone memiliki online commerce yang menjual kebutuhan seputar teknologi seperti paket data, pulsa, pembayaran token PLN, games, dan lain sebagainya.

Direktur Utama Metranet Didik Budi Santoso mengapresiasi prestasi ini dan menyampaikan, “pencapaian ini menjadi bentuk pengakuan dari pihak eksternal bahwa Uzone.id merupakan media yang credible dan diakui oleh publik.”

Ia melanjutkan, Metranet akan terus mendorong Uzone.id agar dapat terus menjadi lebih besar dan memberikan manfaat bagi masyarakat, utamanya dalam menyajikan informasi teknologi yang terkini, akurat, dan bukan hoaks.

Dari situs Startup Ranking, Uzone.id meraih SR Score 82.728. Posisi Uzone.id berada di bawah startup edutech Ruangguru yang mendulang SR Score 83.551. Sementara di posisi ketiga adalah startup layanan kesehatan Alodokter dengan SR Score 82.676.

Startup Ranking sendiri menggunakan SR Score yang memperhitungkan skor setiap startup populer berdasarkan SR Web dan SR Social.

SR Web menentukan setiap startup dari kualitas laman situs, semakin tinggi kualitas tautan yang masuk, semakin tinggi skor pada SR Web. Faktor yang menentukan skor dari SR Web ini adalah jumlah perkiraan kunjungan dan unique visitor terhadap situs startup tersebut.

Sementara SR Social merefleksikan dampak sosial dari startup – dalam hal ini Uzone.id. Sesuai namanya, SR Social memanfaatkan kalkulasi dari media sosial seperti jumlah likes pada akun atau fan page, like pada posts, komentar, dan user yang terikat (engaged) dengan akun tersebut.