Jakarta – Indonesia telah mengambil beberapa langkah penting untuk memenuhi ambisi dalam mencapai transformasi digital. Pemerintah Indonesia pun telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk membantu digitalisasi kekuatan, termasuk roadmap “Making Indonesia 4.0”.

Dalam menjawab tantangan tersebut, Metranet sebagai perusahaan digital transformation enabler di bawah Telkom Indonesia telah fokus melakukan digitalisasi dan mendukung transformasi digital baik di sektor pemerintahan maupun korporasi. Investasi di bidang teknologi dan digital saat ini fokus ke dalam tiga hal yaitu digital infrastructure, digital operation, dan digital customer engagement.

Sebagai dukungan dalam investasi di bidang teknologi dan digital, Metranet hadir memberikan berbagai solusi digital yang meliputi Data Analytics & Cyber Security, Digital Signature, Enterprise Resource Planning (ERP), dan API Solution.

Hal tersebut yang disampaikan oleh Direktur Bisnis Metranet Faisal Yusuf dalam webinar Metranet Summit dengan tema Digital Transformation for Public & Private Sector, Kamis (24/02). Empat pembicara lain juga hadir dalam webinar tersebut yaitu Head of Data and Business Solution Fajar Setiawan, Manager for Government Segmentation Hendra R. Sitepu, Manager for Enterprise Segmentation Setiawan Rosalina dan Manager Sales and Business Solution Digital Living Siti Elliyana.

“Metranet saat ini memiliki 4 portofolio bisnis dalam mendukung transformasi digital di Indonesia, yaitu Digital Transformation Business, Growth Hacking Business, B2B Commerce Business, dan Digital-Life Distribution Business,” ujar Faisal Yusuf.

Ia menambahkan, Metranet telah berperan aktif dalam transformasi digital untuk mendukung pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga sektor swasta dengan solusi & produk yang sesuai dengan kebutuhan industri 4.0.

Beberapa case study yang telah diimplementasikan antara lain transformasi digital di Pegadaian dengan fokus pada collaboration & conferencing tools, e-office, big data platform & analytics, dan employee engagement. Transformasi digital juga dilakukan di lingkup Perhutani dengan menghadirkan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk mengintegrasi bisnis proses korporasi. Selain itu juga implementasi big data platform & analytics di KAI untuk proses bisnis, komersial, Human Capital, dan keuangan.

Big data platform & analytics berperan penting dalam medapatkan dan menganalisis beragam informasi dan data sehingga dapat menjadi sebuah insight dalam pengambilan keputusan.

“Melalui transformasi digital yang dilakukan oleh Metranet dapat mendukung Indonesia memaksimalkan pertumbuhan ekonomi dan menjadi yang terdepan dalam industri digital,” imbuh Faisal.