Jakarta – Anak perusahaan Metranet, PT Global Sukses Solusi Tbk (RUN System) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kode saham RUNS, Rabu (08/09). Dengan tercatatnya saham tersebut, RUN System menjadi perusahaan informasi dan teknologi ke-6 yang melantai di BEI tahun ini.

Dalam Penawaran Umum Perdana Saham (Public Offering) sebelumnya, RUN System melepas sebanyak 196.800.000 lembar saham dengan harga penawaran Rp254 per saham, sehingga dana yang berhasil dihimpun oleh perusahaan sebesar Rp49.987.200.000,00.

Direktur Utama RUN System Sony Rachmadi Purnomo menyampaikan, perseroan akan menggunakan dana tersebut sekitar 74% untuk modal kerja di antaranya yaitu untuk pembiayaan proyek baru, biaya overhead dan operasional.  Sekitar 11% akan digunakan untuk market acquisition and expansion, sekitar 10% untuk riset dan pengembangan, dan 5% untuk melanja modal perseroan.

Pencatatan saham RUNS menjadi sebuah pencapaian besar bagi Metranet sebagai parent company RUN System. Pencapaian ini sekaligus membuktikan bahwa Metranet mampu membawa inovasi-inovasi besar untuk dapat diakselerasi dan menjadi raksasa (giants) serta memberikan manfaat untuk masyarakat luas.

RUN System merupakan perusahaan IT yang bergerak di bidang Enterprise Resource Planning (ERP). Perusahaan yang berdiri di Yogyakarta pada tahun 2014 ini mengawali bisnisnya lewat keikutsertaan dalam program Indigo Startup Incubator yang diselenggarakan oleh Telkom Indonesia. Di tahun 2020, Metranet telah resmi menjadi pemegang saham RUN System setelah dilakukannya convertible note. (Mukhsin)