Jakarta – Perusahaan di bawah holding Metranet, RUN System, berencana mengembangkan usahanya dan mencari pendanaan lewat pasar modal melalui penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO) dengan target dana mencapai Rp49,9 miliar.

RUN System (PT Global Sukses Solusi Tbk) bergerak di bidang solusi enterprise resource planning (ERP) terintegrasi, dari proses bisnis hulu ke hilir (integrated end- to-end user business process) untuk segala bisnis dari skala menengah hingga besar. RUN System juga pernah mengikuti program Indigo Startup Incubator yang diselenggarakan oleh Telkom Indonesia.

RUN System menawarkan sebanyak-banyaknya 196,8 juta saham atau setara 20,01% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Harga saham yang ditawarkan kepada masyarakat sekitar Rp230-Rp254 per lembar saham.

“Kami berharap RUN System dapat berkembang lebih besar lagi dan mendapatkan eksposur perusahaan lebih tinggi. Tingkat confidence perusahaan juga kami harap bisa bertambah agar dapat bersaing di pasar regional,” ujar CEO RUN System, Sony Rachmadi Purnomo dalam konferensi pers virtual yang digelar pada Jumat (20/8).

Ia melanjutkan, “perusahaan yang menyediakan solusi ERP di Indonesia sebagian besar berasal dari pemain global, seperti SAP dan Oracle. Maka itu kita harus jaga produk lokal ini dan menjaga momentumnya dengan melakukan IPO.”

Sekitar 74% dana akan digunakan sebagai modal kerja yaitu pembiayaan proyek baru, biaya overhead, dan operasional. Sekitar 11% dari dana yang dihimpun dimanfaatkan untuk market acquisition and expansion. Adapun 10% dari dana untuk riset dan pengembangan. Di sisi lain, 5% dari dana IPO digunakan untuk belanja modal yang meliputi alat kerja dan prasarana. Misalnya, komputer, server, router server, switchhub manageable, server rak 20U, firewall Fortinet, dan kendaraan operasional.

Perseroan menjadwalkan masa penawaran awal pada 20-26 Agustus 2021 dengan perkirakaan tanggal efektif pada 31 Agustus 2021. Perkiraan masa penawaran umum perdana saham akan berlangsung 2-6 September 2021, dengan tanggal penjatahan pada 6 September. Sementara itu perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik pada 7 september dan listing pada 8 September 2021.

RUN System menjadi bagian Metranet sejak tahun 2019 dan bersama Metranet melakukan akselerasi penetrasi pasar dengan layanan enterprise resource planning (ERP).