Yogyakarta – Channel iKonser, IndiHome, dan Prambanan Jazz menggelar sebuah program spesial bertajuk ‘Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival’. Program ini dimaksudkan untuk mencari musisi-musisi terbaik yang berdomisili di Kalimantan untuk tampil di Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 bersama musisi-musisi nasional pada tanggal 11-12 September 2021.

Dalam press conference yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (05/08), mengundang beberapa narasumber di antaranya Direktur Utama Metranet Didik Budi Santoso, Founder Rajawali Indonesia & CEO Prambanan Jazz Anas Syahrul Alimi, EVP Telkom Regional 6 Rijanto Utomo, dan Perwakilan iKonser Kiki Pea.

Prambanan Jazz Festival (PJF) sendiri merupakan perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta. Perhelatan yang pertama kali digelar pada 16 Oktober 2015 ini memadukan festival musik jazz internasional dan warisan agung dari Candi Prambanan. Sebagaimana tahun lalu, kali ini Prambanan Jazz Festival kembali digelar dengan konsep virtual, bertajuk Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 karena kondisi di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Menurut Didik Budi Santoso, event ini menjadi sebuah media untuk mengakselerasi perindustrian musik yang saat ini cukup terdampak dengan adanya pandemi Covid-19.

Ia menambahkan, “iKonser adalah salah satu platform yang saat ini menjadi satu-satunya platform video streaming on demand. iKonser dapat dinikmati melalui channel IndiHome dan melalui aplikasi iKonser.”

“Ke depan dengan adanya event ini dan dikombinasikan dengan platform iKonser akan menjadi sebuah akselerator di perindustrian musik. Dan ini akan menjadi sebuah milestone awal, tidak hanya untuk event di area Borneo tapi juga wilayah lain di Indonesia,” imbuh Didik.

Kegiatan Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival ini diharapkan akan menjadi ajang kesempatan bagi musisi yang berdomisili di Kalimantan untuk menunjukkan karya mereka kepada khalayak luas pecinta musik tanah air.

Nantinya, seluruh musisi/band pendaftar akan dikurasi oleh promotor Prambanan Jazz Festival sehingga akan didapat maksimal 100 band yang diikutsertakan dalam seleksi. Pendaftaran ‘Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival” sudah dibuka sejak 23 Juli 2021 dan akan berlangsung hingga tanggal 15 Agustus 2021.

Bakal ada 3 musisi Kalimantan yang akan menjajal panggung megah Prambanan Jazz Virtual Festival 2021 dan juga tampil pada beberapa program tayangan channel iKonser di UseeTV.

Anas Syahrul Alimi berharap, “Dengan adanya ‘Borneo Goes to Prambanan Jazz Virtual Festival’ ini diharapkan akan muncul nama-nama baru dari Pulau Kalimantan yang berkilau di blantika musik Indonesia.”