Jakarta – Metranet berhasil meraih penghargaan sebagai runner up dalam AKHLAK Award 2021 kategori Harmonis Terbaik pada anak perusahaan BUMN. Ajang penghargaan yang diselenggarakan secara virtual ini dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (15/07). Acara ini sebagai bentuk penghargaan kepada BUMN beserta anak perusahaan atas implementasi core values AKHLAK yang meliputi Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Metranet sendiri menjadi runner up kategori Harmonis Terbaik Anak Perusahaan BUMN dengan nilai B (53,8%) bersama dengan KAI Wisata dengan nilai B (58,5%). Sedangkan untuk juara satu pada kategori ini diberikan kepada PT Railink (KAI Bandara) dengan nilai B (59,6%).

AKHLAK Award 2021 merupakan momentum untuk melakukan evaluasi sejauh mana keberhasilan implementasi core values AKHLAK sejak pertama diluncurkan pada 1 Juli 2020 kepada seluruh BUMN bersama dengan anak perusahaan.

Adapun pemberian award ini didasarkan pada hasil riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK yang telah dilakukan selama periode September 2020 hingga Juli 2021 kepada 62 BUMN beserta seluruh anak perusahaannya.

Penilaian dilakukan secara transparan dengan menggunakan metode pemetaan dan pengukuran Akhlak tersebut menggunakan AKHLAK Culture Health Index (ACHI), yang dilakukan oleh ACT Consulting secara daring dengan melakukan survei langsung kepada karyawan di BUMN yang menjadi nominasi.

Menteri BUMN Erick Tohir dalam sambutannya di ajang AKHLAK Award 2021 ini mengatakan, BUMN harus bisa beradaptasi dengan baik, bahkan berkompetisi secara global. “AKHLAK ini sebagai core value, ini pijakan untuk naik kelas, berkompetisi, adaptif dan keluar dari comfort zone,” kata Erick Thohir.

Direktur Utama Metranet Didik Budi Santoso menyampaikan, perolehan penghargaan ini merupakan hasil kerja keras bersama dalam mengimplementasikan core values AKHLAK di lingkup Metranet. “Prestasi ini kita harapkan agar lebih baik lagi di tahun mendatang,” ujar Didik. (mukhsin)