Pekalongan – Metranet melalui BigBox mendukung pemerintah Kota Pekalongan dalam mewujudkan program Smart City melalui penandatanganan nota kesepahaman atau MoU pemanfaatan Big Data. Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Digital Business Telkom Indonesia M. Fajrin Rasyid dengan Wali Kota Pekalongan H.A. Afzan Arslan Djunaid di Ruang Jetayu Setda Kota Pekalongan, Jumat (11/06).

Program digitalisasi Smart City ini mencakup BigSocial, BigMarket, dan BigOne. “Melalui BigSocial, pemkot nantinya bisa mengetahui tren yang dibicarakan masyarakat di media sosial sehingga bisa ikut menindaklanjutinya. Kemudian Big Market sebagai e-commerce analitik bisa digunakan untuk mengetahui tren produk apa yang sedang ramai sehingga bisa ditiru atau diadaptasi oleh UMKM lokal,” ungkap Fajrin.

Pemerintah Kota Pekalongan menyambut baik program digitalisasi tersebut. Wali Kota Pekalongan H.A. Afzan Arslan Djunaid mengungkapkan kerja sama ini mendukung peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dari sejumlah sektor khususnya yang dikelola oleh Badan Keuangan Daerah (BKD) setempat.

Diharapkan melalui kerja sama ini dapat mewujudkan program digitalisasi Smart City di lingkup Kota Pekalongan serta mendukung program Satu Data Indonesia. (mukhsin)