Jakarta – Metranet dan Pupuk Indonesia Pangan menjalin kerja sama dalam hal digitalisasi distribusi dan pemasaran produk-produk Pupuk Indonesia Pangan (PIP), Selasa (23/03). Dalam pertemuan antara Direktur Utama Pupuk Indonesia Pangan Budiono dan Direktur Utama Metranet Didik Budi Santoso yang dilakukan di kantor pusat Pupuk Indonesia Pangan, Jakarta, membahas dua poin yang disepakati bersama. Kedua poin tersebut adalah kerja sama digitalisasi distribusi dan pemasaran produk serta kerja sama digitalisasi Agro Solution dan Rural Commerce antara Metranet dan PIP.

PIP merupakan salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang menjalankan usaha di bidang perindustrian pertanian dan di bidang perdagangan pertanian. Kehadiran PIP merupakan kebijakan pemerintah untuk kesinambungan program peningkatan produktivitas pertanian dalam bentuk korporasi.

Kerja sama ini membuka peluang bagi PIP untuk memperluas pasar dan distribusi produk melalui pemanfaatan Logee, platform transportasi barang di bawah pengelolaan Metranet. Sehingga, Metranet tidak hanya menyediakan platform saja, namun juga menjadi solusi sales dan market baru bagi PIP.

Metranet sebagai anak perusahaan Telkom Indonesia juga berperan dalam pengembangan Agro Solution dan Rural Commerce agar produk-produk Pupuk Indonesia dapat ditawarkan kepada para petani sebagai customers melalui toko tani mitra Pupuk Indonesia. Selain itu, Metranet juga akan membantu penyaluran kredit produktif yang dibutuhkan petani dan mitra melalui platform Cazbox.

Melalui kerja sama ini diharapkan ke depan program digitalisasi distribusi produk-produk PIP dapat dikembangkan secara nasional sehingga dapat membantu menyukseskan program ketahanan pangan nasional.