Jakarta – Direktur Utama PT Metra-Net Widi Nugroho menjadi pembicara dalam acara Advertising Week Festival (AWF) 2020, Senin (16/11). AWF 2020 merupakan serangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Studi Periklanan Kreatif, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia. Dengan bertema Stay Ad Home, seluruh kegiatan dilakukan secara virtual.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru kepada mahasiswa dan Generasi Z tentang era disrupsi dan perkembangan industri kreatif di Indonesia, terutama pada bidang periklanan. Selain Widi Nugroho, dalam sesi CEO Talk: Be Your Own Boss ini panitia juga menghadirkan pembicara lainnya yaitu Former CEO DJE Holdings Radityo Prabowo.

Industri periklanan telah mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Dimulai dari iklan cetak di koran, majalah, iklan radio dan televisi, hingga media digital. Akibatnya, pelaku industri periklanan dituntut untuk mengikuti penetrasi media digital secara cepat. Belum lagi adanya perubahan demografi, psikologi, dan perilaku konsumen yang ikut mempengaruhi tren pasar.

Advertising menjadi industri yang menarik karena salah satu industri kreatif yang punya kesempatan bagi Indonesia untuk menjadi leader. Teknologi mengubah bisnis kita, mengubah pola kehidupan sehari-hari. Jadi sekarang semuanya terhubung dengan internet,” ungkap Widi Nugroho di hadapan para mahasiswa secara virtual.

Ia juga menyampaikan mengenai konsep keberlanjutan digital (digital sustainability). Konsep ini dapat mulai diterapkan dengan membiasakan diri dengan data, menghindari hoaks, membiasakan untuk melihat dari sisi yang berbeda, menjadi acuan untuk mengambil keputusan, dan memiliki kompetensi di era digital.