Jakarta – Uzone, portal media online di bawah Metranet, kembali menggelar Uzone Talks, Kamis (23/10) pukul 16.00 WIB. Dengan tajuk “Kenapa Banyak ‘Polisi Moral’ di Medsos?”, acara ini mengundang Founder sekaligus COO Suvarna.id Enda Nasution. Acara ini disiarkan secara live streaming melalui Youtube dan Website Uzone.id.

Enda dikenal sebagai Bapak Blogger Indonesia karena kerap muncul di berbagai media untuk mempromosikan penggunaan blog kala itu. Ia pernah membuat startup berupa aplikasi Sebangsa dan terjun sebagai mentor program Gerakan 1.000 Startup Nasional. Saat ini Enda tengah fokus mengembangkan perusahaan agensi digital miliknya, Suvarna.id.

Media sosial kini telah menjelma menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain, sudah menjadi aplikasi yang wajib di-install di smartphone.

Pada awalnya media sosial bertujuan untuk menjadi wadah berbagi momen, menjalin koneksi dengan orang lain, dan menjadi sarana untuk menuangkan ide dan gagasan. Sayangnya banjir informasi membuat media sosial menjadi tempat yang banyak mengandung konten-konten negatif. Sebut saja hoaks, perundungan (bullying), misinformasi, dan masih banyak lagi.

Media sosial telah menjadi racun dan apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan bagi penggunanya. Apalagi di Indonesia yang masyarakatnya dikenal sebagai masyarakat komunal. “Masyarakat Indonesia itu komunal. Kalau di luar negeri itu individual, yang nggak memikirkan pendapat orang lain. Setiap diri kita adalah bagian dari society,” ujar Enda dalam Uzone Talks tersebut.

Enda menuturkan, menggunakan media sosial itu selayaknya memerhatikan etika yang berlaku. Etika adalah bagian dari sopan santun, norma, sebuah kebiasaan. “Sebenarnya yang paling gampang adalah kita anggap interaksi di media sosial kayak ketemu secara fisik atau langsung. Kalau di hadapan orang langsung kita nggak nyinyir, ya kenapa kalau di media sosial malah nyinyir dan julid,” kata Enda yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut.

Berikut adalah beberapa tips menggunakan media sosial menurut Enda Nasution. Pertama, berhati-hati dengan informasi pribadi seperti KTP, paspor, alamat, dll. Ini sebagai tindakan preventif dalam penyalahgunaan data pribadi untuk tindak kriminal. Kedua, saring sebelum sharing informasi. Tidak semua informasi layak kita bagikan kepada orang lain di media sosial. Ketiga, kurangi keingintahuan terhadap urusan orang lain. Selanjutnya, jangan berinteraksi di media sosial dalam kondisi emosional. Terakhir, media sosial adalah cerminan diri kita. Oleh karena itu jangan pamer, minta perhatian, atau merasa paling tahu segalanya.

Terpisah, Uzone Talks merupakan event reguler yang diadalan oleh Uzone dengan mengundang pembicara pada bidangnya masing-masing. Acara Uzone Talks ini dimoderatori oleh Hani Nur Fajrina, jurnalis Uzone.id.