Jakarta,  27 November 2019 – Direktur Utama PT Metra-Net Bapak Widi Nugroho menjadi keynote speaker dalam acara Big Data Training and Workshop for Business yang diselenggarakan oleh School of Business and Management Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) di kampus MBA ITB Jakarta, Gedung Graha Irama, Rabu (27/11).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai big data mulai dari konsep dasar, use cases, hingga praktik secara langsung. Peserta berjumlah lebih dari 30 orang yang berasal dari berbagai kalangan seperti praktisi IT di perusahaan-perusahaan dan mahasiswa.

Materi dalam training dan workshop lebih membahas mengenai bagaimana penggunaan big data dalam kegiatan bisnis. Seiring perkembangan teknologi, saat ini format data bukan hanya berupa teks, namun dapat juga berupa suara, gambar, bahkan hingga video. Faktanya, 85 persen traffic di internet berisi video.

Data itulah yang dapat diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan untuk mengoptimalkan potensi dalam menjalankan bisnisnya. “Bagaimana big data dapat mengimplementasikan wisdom atau saran yang bisa diimplementasikan. Action dalam big data disebut use case. Yang paling sering dipakai beberapa use case yang populer contohnya ini yang paling mudah 360 degree of customers-nya,” ungkap Widi Nugroho saat memaparkan materinya.

Big data juga memunculkan tantangan-tantangan bagi perusahaan.  Misalnya terkait dengan sumber daya manusia (people), tingginya kebutuhan data scientist tidak sebanding dengan jumlah sumber dayanya. Selanjutnya adalah process dan teknologi (bagaimana cara mendapatkan data). Sebagai tambahan, acara ini menghadirkan pembicara-pembicara profesional dan akademis dalam bidang Big Data. Selain Bapak Widi Nugroho, beberapa keynote speaker lain yaitu Director of Big Data Analysis and Simulation Lab SBM ITB, Bapak Manahan Siallagan dan Founder and CEO of PT Kazee Digital Indonesia Bapak I Made Ariya Sanjaya.