BigBox merupakan salah satu AMOEBA yang di-scale up di bawah Metranet pada Direktorat Digital Enterprise, BigBox berhasil menjadi finalis dalam penghargaan Data Impact Award 2019 yang diinisiasi oleh Cloudera pada kategori Data From Edge-to-AI pada ajang  tahunan Strata Data Conference 2019 yang digelar di New York, Amerika Serikat. Kegiatan tahunan ini diadakan untuk mengapresiasi kepada organisasi atau perusahaan yang memberikan manfaat besar bagi bisnis mereka, industri mereka, atau dunia pada umumnya.

Meskipun belum menjadi pemenang dalam Data Impact Award 2019, BigBox memiliki kebanggaan tersendiri karena menjadi satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang berhasil masuk tahap final dalam kategori tersebut. Berikut finalis pada kategori Edge to AI yaitu:

  1. Manulife (Pemenang)
  2. Schneider Electric
  3. Telkom Indonesia
  4. The Royal Bank of Scotland

Edge to AI merupakan kategori bagi organisasi atau perusahaan yang telah menangani kasus transformasi bisnis dengan menjalankan analitik yang canggih dan machine learning terhadap data yang mencakup dari sisi Edge ke Data Center atau cloud (termasuk implementasi multi atau hybrid cloud). Dalam kategori tersebut Bigbox membawakan usecase Digitalisasi Pertamina, yang mana saat ini mentargetkan transformasi 5518 SPBU di Indonesia menjadi sistem digital yang terkoneksi dengan platform bigdata BigBox hingga akhir 2019, inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman customer, merampingkan proses dan membuat pendapatan yang dicatat lebih transparan.

Untuk kedepannya Bigbox berharap dengan pengalaman tersebut dapat memberikan insight, serta semangat baru baik internal tim maupun management Telkom dalam bersinergi mengembangkan platform Big Data BigBox, dengan membawa misi membangun Indonesia dengan kapabilitas bigdata dengan cara menyediakan solusi dan platform bigdata yang menjadikan perusahaan berdaulat (Sovereignty), (holistic) dan lincah (Agility) dalam hal data, BigBox yakin akan menjadi pemain besar Teknologi Big Data di dunia.