JAKARTA – Masyarakat kini semakin mudah mengakses internet. Dunia digital bergerak cepat dan terus tumbuh. Termasuk industri media dan periklanan. Dewan Pers pada Januari 2016 melansir ada sekitar 2000 media online di Indonesia.

Untuk menjawab tantangan tersebut, PT Metranet, subsidiary PT Telkom Indonesia meluncurkan UAdExchange platform yakni perangkat yang menghubungkan secara langsung antara media (publisher) dan pengiklan (advertiser) pada hari ini, Kamis 19 Mei 2016.

UAdExchange plaform adalah sebuah sistem layanan manajemen iklan; memudahkan perusahaan memasang, membuat dan menjual iklan secara online. 

Menurut CEO PT Metranet Didik B. Santoso inilah solusi bagi publisher dan advertiser. “Sebab tantangan terbesar dalam dunia digital adalah bagaimana melakukan monetisasi atau mendapatkan keuntungan,” ujar Didik.

Didik menjelaskan PT. Metranet, perusahaan yang berfokus di dunia digital, sejak awal memiliki tujuan dan mencari cara bagaimana bisa membantu dunia digital di Indonesia untuk terus tumbuh dan bergerak cepat mengikuti perkembangan dalam era disruptive ini.

“Kami optimistis dengan peluncuran UAdExchange Platform ini dunia digital bisa lari lebih kencang,” kata Didik. Kami juga berharap, lanjut Didik, perangkat ini menjadi titik temu yang tepat antara publisher dan advertiser. “Sehingga kerjasama semakin erat dan menguntungkan dua belah pihak.”

Manager Partnership PT Metranet Helly Chatalina mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 150 publisher yang bergabung dengan UadExchange. Para publisher tersebut di antaranya, Swa.co.id, MRA Media, Wanita Indonesia, Media Ciputra Group, Selular.id, Tabloid Bintang, Astaga.com dan Hallo Media Network. Sedangkan untuk advertiser PT Metranet bermitra dengan Google dan Criteo.

Plaform dan Media Manager PT Metranet, Sandi Mardiansyah menjelaskan lewat perangkat ini, manfaat bagi publisher adalah monetisasi ruang iklan (ad spaces) di situs yang dimiliki publisher dengan fill rate sekitar 75%-80%. Sedangkan bagi advertiser bisa memasarkan atau mengenalkan produk mereka.

“Tentu dengan jangkauan audience atau pembaca sesuai target dari advertiser,” kata Sandi. Mereka, Sandi melanjutkan, bisa memilih publisher yang jumlahnya mencapai lebih dari 200.

Menurut Sandi, cara kerja perangkat ini mudah dan bisa dilakukan dengan 5 tahapan; registrasi, verifikasi, monetisasi dan optimasi, penagihan dan pembayaran. Bagi Anda yang tertarik bisa mengakses langsung di http://blog.uadexchange.com atau Halaman Support kami yang bisa diakses di http://support.uadexchange.com/